September 17, 2010

Pura di Bawah Laut

Gapura Pura Taman
Pura di bawah laut? Mungkin ada diantara kita yang baru pertama kali mendengar tentang ini. Memang aneh kedengarannya, tetapi ini memang benar-benar nyata.


Pura yang dimaksud ini berada di Pemuteran, di Kabupaten Buleleng, Bali. Nama lain dari pura ini adalah Pura Tembok dan Pura Taman yang berada pada kedalaman 30 meter. Pura bawah laut ini bukan peninggalan jaman dulu. Pura ini dibangun tahun 2005 oleh tim Reef Gardeners yakni sekelompok kecil anggota masyarakat Bali setempat yang dilatih sebagai scuba divers dan juga diajarkan metode konservasi untuk menyelamatkan terumbu karang yang rusak. Tim ini didirikan oleh seorang ekspatriat asal Australia yang namanya Chris Brown. Dananya berasal antara lain dari AusAID. Proyek itu dimulai sejak tahun 2000 kemudian bekas bangunan candi bentar yang salah satunya berupa gapura itu ditenggelamkan pada tahun 2005.Teknologi yang digunakan bernama biorock yang menggunakn aliran listrik rendah, yang digunakan untuk 'membangun' terumbu karang. Aliran listrik ini akan membantu dalam perangsangan tumbuhnya batu kapur. 
 
Bangunan candi yang dulu hanya batu-batu biasa kini menjadi pemandangan yang sangat indah. Patung-patung, gapura, dan tembok juga telah berubah dramatis.Bangunan yang dulunya hanya berwarna hitam batu kini telah berubah menjadi berwarna-warni, kuning, hijau, dan oranye. Para penyelam sangat surprise dengan perubahan itu.

Patung yang ditumbuhi berbagai terumbu karang yang berwarna-warni



Wawwwwwwww
Patung yang menawan dan tak ada duanya.....Ahay
Patung kura-kura yang cantik

 Alangkah indahnya panorama yang tersembunyi di bawah jangkauan umum ini.
Suatu saat, aku ingin melihatnya sendiri. 

I LOVE BALI
Niluh hanabee


2 comments:

  1. hehehe, di nusa dua ada tuh say kayak begono jugaa.. Pas tak ceritain dirimu, dirimu tak percaya.. LOLololol

    ReplyDelete
  2. Ah? Masa??? Apa namanya say, eke lupa, hheeh
    Masa penah bilang? hmmm, yakin???

    ReplyDelete